Perkembangan Lean Construction di Indonesia

Penerapan Lean Construction di Indonesia saat ini sudah semakin memberikan dampak yang sangat pesat bagi perkembangan industri konstruksi di Indonesia. Dengan tujuan memberikan solusi pada proyek di perusahaan-perusahaan konstruksi besar yang ada di Indonesia dalam setiap prosesnya untuk mencapai tujuan yang lebih efektif dan efisien dalam menghilangkan pemborosan dan kerugian (waste & losses) serta berdasarkan kepada culture pekerja Indonesia.

Training Lean Construction PT. Rekind

Untuk saat ini perusahaan yang sudah menerapkan Lean Construction yaitu PT. Rekind (Rekayasa Industri) dan PT. PP (Persero) Tbk. Dalam penerapannya yang di-support oleh PQI Consultant, manajemen PT. Rekind yang dipimpin oleh Budi Priyanto sebagai PM telah menerapkan Lean Construction di mega project nasional EPC JTB (Jambaran Tiung Biru) di Bojonegoro, Jawa Timur dengan PEPC (Pertamina Cepu) sebagai owner senilai 1 Milliar US Dollar.

Perkembangan Lean Construction di Indonesia menjadi perhatian banyak perusahaan konstruksi termasuk PT. PP (Persero) Tbk yang telah melaksanakan Sosialisasi dan Deklarasi Lean Construction yang pertama secara resmi di Indonesia untuk penerapan Lean Construction di tiga direktorat inti yaitu Gedung, Infrastruktur, EPC dan dua direktorat supporting. Dengan demikian dapat menjadi tolak ukur untuk lebih banyak lagi perusahaan konstruksi yang akan menerapkan Lean Construction di Indonesia.

PT. PP (Persero) Tbk telah resmi memulai penerapan Lean Construction pada pertengahan bulan April ini yang didukung penuh oleh PQI Consultant. Sebagai perusahaan BUMN, PT. PP (Persero) Tbk ini akan menjadi pelopor bagi industri konstruksi dan akan terus berkembang dalam penerapan Lean Construction di Indonesia sehingga dapat bersaing dan menjadi leading dalam industri konstruksi global.

Budi Utomo speaker on Deklarasi dan Implementasi Lean Construction PT. PPDalam perkembangannya, pendekatan Lean Construction di Indonesia telah mengalami perkembangan yang lebih detail, comprehensive dan applicable dengan mensinergikan prinsip-prinsip Toyota Way, Six Sigma, TPM, TQM dan culture kedalam satu pendekatan manajemen yang sangat efektif dan efisien yang sudah mengantisipasi culture pekerja Indonesia dan berhasil diaplikasikan dalam industri konstruksi, baik konstruksi building, infrastructure, EPC maupun precast/prefabrication. LCII menjadi wadah pendekatan dan penerapan serta memberikan pelatihan Lean Construction dalam meningkatkan industri konstruksi di Indonesia.

Sosialisasi dan Deklarasi Lean Construction PT. PP

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?