Manfaat Penerapan ISO 45001

Perkembangan dunia industri manufactur dan jasa tidak terlepas dari permasalahan yang sering terjadi seperti angka kecelakaan kerja yang terus meningkat. Bagi anda karyawan, manajer atau pemilik bisnis tentu saja semua punya tujuan yang sama, yaitu tidak ingin terjadi kecelakaan dalam melakukan setiap proses pekerjaan. Tujuan dari ISO 45001 adalah membantu organisasi atau perusahaan untuk mencegah kecelakaan kerja atau penyakit fatal yang terkait dengan aktifitas kerja bahkan resiko kecelakaan yang berujung pada kematian. Pentingnya peningkatan budaya keselamatan menjadi fokus utama di sebuah organisasi atau perusahaan guna mendukung kinerja dan peningkatan productivity. Maka sangat penting bagi organisasi atau perusahaan untuk menerapkan ISO 45001.

Keselamatan dan kesehatan kerja menjadi tantangan yang sangat penting bagi perusahaan untuk mengurangi serta mencegah kecelakaan kerja dan bahaya kesehatan di tempat kerja. Dengan adanya ISO 45001 dapat menjadikan standar bagi perusahaan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja serta menciptakan budaya perbaikan secara berkelanjutan dengan menuju proses yang lebih baik dengan melibatkan seluruh karyawan.

Salah satu manfaat penerapan ISO 45001 adalah Perusahaan dapat membangun proses yang sistematis untuk mengurangi angka kecelakaan kerja dan dapat memperhitungkan resiko dan bahaya, serta persyaratan hukum lainnya terkait dengan sistem manajemen K3. ISO 45001 memberikan solusi menjawab permasalahan dalam perkembangan industri tersebut dengan menetapkan standar internasional dalam meningkatkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dan memperbaiki kinerjanya.

Apa saja manfaat penerapan ISO 45001 ?

  1. Perusahaan dapat membangun proses yang sistematis untuk mengurangi angka kecelakaan kerja dan dapat memperhitungkan resiko dan bahaya, serta persyaratan hukum lainnya terkait dengan sistem manajemen K3.
  2. Menentukan bahaya dan resiko yang berhubungan dengan kegiatan dan berusaha untuk menghilangkan resiko dan bahaya tersebut.
  3. Membangun pengendalian operational untuk mengelola resiko dan bahaya dalam lingkungan perusahaan.
  4. Meningkatkan kesadaran mengenai resiko dan bahaya dalam lingkungan perusahaan.
  5. Mengevaluasi kinerja Sistem Manajemen K3 dan berusaha untuk memperbaikinya secara terus menerus.
  6. Memastikan pekerja berperan aktif dalam masalah K3
  7. Memaksimalkan efektifitas dan efisiensi pekerja

PQI Consultant Awareness ISO 45001

Dalam perkembangannya PQI Consultant telah berhasil memberikan pelatihan ISO 45001 kepada perwakilan dari beberapa perusahaan yang sudah dilaksanakan tahun 2018 lalu dan berdampak pada kelanjutan penerapan langsung sistem ISO 45001 di banyak perusahaan. Dalam hal ini PQI Consultant dapat membantu memberikan pelatihan kepada perusahaan-perusahaan yang ingin menerapkan sistem ISO 45001 sebagai standar yang akan diterapkan untuk peningkatan kinerja sekaligus mengendalikan resiko terkait keselamatan, kesehatan kerja serta keamanan dalam lingkungan kerja sehingga organisasi bisa mencapai visi misi dan objectivenya secara maksimal.

PQI Consultant Awareness ISO 45001

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?