Berpikir Strategic

  1. Memahami Strategi

Mendefinisikan Strategi

Strategi awalnya di definisikan sebagai “seni dari planning dan mengarahkan pergerakan militer yang besar dan operasi dari perang”. Di dalam bisnis, strategi memetakan masa depan, dan mengatur produk atau jasa yang mana yang ditempatkan pada pasar yang mana.

Mengerti kenapa strategi sangatlah penting untuk anda dan bisnis anda. Mempunyai strategi memastikan bahwa keputusan day-to-day sesuai dengan tujuan jangka panjang dari suatu perusahaan. Jika anda tidak yakin dengan strategi dari organisasi anda, bertanya kepada supervisor anda untuk menjelaskan kepada anda. Kesuksesan dari sebuah strategi harus bisa diukur oleh, seperti contohnya, hasil financial atau kualitas dari jasa yang diberikan kepada customers.

Memeriksa Prosesnya

Ada tiga fase jelas untuk mengembangkan sebuah strategi yang baru: analisis, planning, dan implementasi. Sangatlah krusial untuk menyediakan waktu dan usaha untuk 2 langkah awal, tetapi harus menjaga momentumnya saat implementasi untuk memastikan sukses yang luar biasa pada sebuah strategi.

Saat tahap analisa atau tahap awal dalam mengembangkan sebuah strategi baru anda harus melibatkan seluruh orang dalam tim tersebut dalam mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Selanjutnya setelah menemukan informasi sebanyak-banyaknya anda harus memastikan tim anda melihat secara objektif terhadap fakta yang didapat.

Pada tahap kedua yaitu planning, pertama-tama anda harus melist produk dan jasa seperti apa yang dibutuhkan di masa depan, dan pasar yang available untuk anda. Lalu anda harus menentukan pasar mana atau peluang mana yang akan di pilih dan mana pasar mana yang akan menguntungkan jika ditinggalkan. Menyisihkan cukup waktu untuk menghindari terburu-buru pada fase planning.

Tahap terakhir yaitu implementasi. Pada tahap ini anda harus menentukan berdasarkan analisa yang sudah dilakukan apa yang akan anda lakukan dan bagaimana anda kan melakukannya. Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu dan usaha dalam analisa dan mengurangi usaha pada planning dan implementasi karena akan menjadikan strategi anda tidak berjalan sempurna. Selalu siap untuk mendengarkan team anda di setiap langkahnya.

Berikut adalah list pertanyaan yang anda tanya kepada diri anda sendiri. Apakah saya bisa menguraikan proses strategi yang saya lakukan kepada orang lain? Apakah saya tau dimana saya mencari informasi yang dibutuhkan? Apakah saya telah mempersiapkan waktu yang cukup untuk dua tahap awal dalam mengembang strategi baru? Apakah saya bisa minta support dari atasan saya dalam menciptakan strategi baru?

Dengan tau apa itu strategi dan bagaimana cara mengembangkan dan mencipatakannya, anda akan bisa berpikir secara strategik dan dapat mencapai tujuan dengan efektif dan effisien.



Leave a Reply