Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan kajian ilmu yang membahas mengenai upaya yang ditempuh untuk melakukan pengendalian atau memperkecil timbulnya bahaya dan risiko terjadinya penyakit juga kecelakaan. K3 merupakan suatu bentuk upaya mencapai situasi perusahaan, dimana pegawai di dalamnya merasa aman dan nyaman. Sesuai dengan tujuan akhir suatu program K3 di perusahaan adalah tidak adanya angka kecelakaan kerja, bahkan hingga tidak adanya angka kesakitan akibat kerja di perusahaan.

  1. Kenapa Harus K3 ?
  1. Pentingnya penerapan K3 dibuktikan dengan adanya peraturan perundangan yang mewajibkan K3 di perusahaan
  2. Dengan penerapan K3, perusahaan akan mendapat nilai tambah pada 3 unsur, yaitu : kegiatan bisnis, tempat kerja, dan kehidupan.
  3. Setelah penerapan K3 dan tingkat kecelakaan di perusahaan menurun maka cost untuk biaya penaggulangan kecelakaan akan turun.
  1.   Bagaimana Penerapan K3 yang baik

    Penerapan K3 di perusahaan tentunya harus sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, selain itu perusahaan juga harus mampu untuk menyediakan program yang akan mendukung keberhasilan sistem K3 tersebut. Tentunya dukungan dari pihak manajemen maupun pihak karyawan yang bekerja di perusahaan haruslah maksimal. Program K3 bukanlah program jangka pendek yang hanya berhenti ketika kecelakaan di tempat kerja sudah berkurang, namun program ini akan menjadi program jangka panjang dengan adanya budaya K3.

  1.   Mengapa harus mengikuti training K3

  Pemenuhan program K3 tentunya harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai. Sumber daya manusia yang ada harus mempunyai kompetensi sesuai bidangnya, uang nantinya K3 akan mempunyai beberapa bidang di dalamnya. Kompetensi yang sesuai kebutuhan ini akan didapat dari pelatihan-pelatihan yang dilakukan baik eksternal maupun internal. Training eksternal biasanya difasilitasi oleh lembaga yang mempunyai lisensi dibidang K3.



Leave a Reply