Memahami Visual Management dan perubahan yang dapat terjadi untuk peningkatan kinerja perusahaan yang lebih baik dan menguntungkan

Mengembangkan budaya kerja keras menjadi kerja cerdas dan efisien

Bagaimana memulai Visual Management di lingkungan pekerjaan?

Visual management bertujuan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin dengan sedikit observasi.

Visual Management membuat setiap orang mengerti banyak tanpa menerima penjelesan panjang lebar. Sistem ini menghadirkan “koran harian” terkini yang melibatkan setiap orang sebagai sumber informasi dan mengonsumsi informasi.

Pentingnya visual management

Making a good first impression counts!

Kendala pekerjaan adalah hal yang tidak dapat dipungkiri, apapun jenis industrinya. Namun cara menyelesaikan setiap permasalahan adalah pilihan. Menyelesaikan masalah tanpa menyebabkan masalah atau lebih cemerlang dengan menyelesaikan masalah tanpa menyebabkan masalah dan mengulang masalah.

Mengelolah bisnis bukanlah perkara mudah yang dapat dilakukan hanya dengan bermodal keinginan untuk membuka usaha dan memulai bisnis untuk terlihat mandiri.

Pengelolaan bisnis pun membutuhkan cara yang tepat. Sehingga pemborosan yang kemungkinan timbul dapat dihindari atau bahkan dihilangkan dan menghasilkan kinerja yang mampu meningkatkan produktivitas.

Salah satu yang sangat efisien untuk diterapkan adalah Visual Management. Visual Management merupakan bagian besar dari Lean Manufacturing dari Toyota Production System. Visual Managemet adalah bagian yang paling sederhana dari Toyota Production namun memberikan dampak besar dalam mengelola semua area kerja menjadi efisien.

Pentingnya visual management

Mengelola secara visual adalah kemampuan sistem untuk menunjukan dengan cepat status pekerjaan saat ini kepada siapapun yang berdiri dan mengamatinya, dalam waktu 30 detik saja. Tanpa perlu bertanya atau mengganggu pekerjaan departemen lainnya yang terkait.

Hampir setiap bagian pekerjaan dapat divisualkan. Mulai dari status produksi dengan memberi status pada mesin yang beroperasi atau bahkan yang sedang rusak dengan indikator tertentu yang mudah dipahami setiap orang. Apabila Visual Management berjalan dengan baik, bahkan setiap pegawai dapat berperan aktif menyelesaikan kendala yang ada.

Jenis-jenis Visual Management

Berawal dari sistem yang diterapkan oleh Toyota, Visual Managemet telah menjelma dan difungsikan dengan optimal pada beberapa aspek industri.

Visual Management untuk Aliran Produksi

Hal yang paling mudah dideteksi pada aliran produksi adalah adanya tanda floor marking yang jelas mengarahkan keberadaan produk dan secara spesifik membagi lokasi kerja untuk mudah diketahui.

Visual Management continuous improvement/Problem Solving

Penggunaan visualisasi berupa grafik dapat memudahkan untuk mendeteksi pencapaian kualitas, defect, reject atau karena adanya re-work

Visual Management untuk Maintenance

Khususnya pada lean manufacturing, keberadaan visualiasi untuk maintenance akan memudahkan informasi tersampaikan kepada setiap stakeholder yang terlibat.

Visual Management untuk Costumer Satisfaction

Menvisualisasikan kepuasaan pelanggan penting untuk membangun semangat dan kualitas kerja yang ingin dicapai serta ditingkatkan. Kepuasan pelanggan bahkan menyangkut proses produksi, pengiriman, serta biaya yang dikeluarkan untuk setiap proses produksi yang dilaksanakan.

Sekedar jadi papan  informasi

VS

Memberi informasi yang meningkatkan kinerja

Banyak perusahaan yang telah menerapkan sistem visual management, namun tak jarang juga menemukan kegagalan dalam penerapannya. Board visual hanya sekedar menjadi papan informasi belaka. Padahal board visual harus mengandung tiga hal penting yang mendasar, yakni standard, problem dan action.

Keberadaan visual management memang telah banyak diadaptasi oleh perusahaan multinasional dan juga startup. Meski terkesan mudah untuk dilakukan, tapi perlu digaris bawahi bahwa board visual harus menjalankan fungsinya dalam memberikan informasi yang akurat dan mampu menyelesaikan bahkan menghilangkan setiap pemborosan yang terjadi. Dan tentunya yang tidak boleh terlewatkan adalah harus komunikatif.

 

Nah, apakah kantormu telah menerapkan visual management yang tepat?

Visual management adalah jembatan antara standar pekerjaan dan pertemuan harian, keduanya harus dilakukan dengan benar dan efisien dan menjadi alat yang kuat untuk manajemen sehari-hari.

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

JOIN US FOR TRAINING AWARENESS ISO 45001:2018