Peningkatan Pertumbuhan Sektor Konstruksi di Indonesia

PQI Consultant -“Risk comes from not knowing what you’re doing”, Warren Buffett

Sektor konstruksi dan bangunan di Indonesia mengalami lonjakan nilai yang terus naik. Dan Sektor konstruksi di Indonesia telah berkembang 7-8 persen. Salah satu penyebabnya adalah karena tingginya permintaan untuk perumahan dan tingginya pertumbuhan sektor properti di beberapa kota besar di seluruh Indonesia. Investasi publik adalah kunci dalam rencana pemerintah untuk fasilitas umum. Fasilitas umum seperti membangun jalan, sumber daya air dan infrastruktur pemukiman warga untuk pembangunan jangka panjang.

Perusahaan konstruksi asing telah masuk ke Indonesia selama beberapa tahun. Pada tahun 2011, jumlah perusahaan kontraktor asing yang terdaftar di Indonesia adalah 128, sebagian besar berasal dari Jepang. Jumlah perusahaan konsultan yang terdaftar di Indonesia adalah 78, dan jumlah kontraktor EPC adalah 23. Pada tahun 2012, 5 kontraktor dari India juga masuk ke Indonesia.

Menurut data yang dikeluarkan oleh Asosiasi Konstruksi Indonesia (AKI) pada semester pertama tahun 2011 melihat pertumbuhan 6,4 persen. Sektor swasta berkembang hingga 65 persen dari semua proyek konstruksi. Tahun lalu misalnya Pemerintah merencanakan pembangunan lebih dari 4000 kilometer jalan, 150 kilometer dari jalur rel dan 14 bandara, semua bagian dari program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan transportasi dan logistik hubungan di seluruh negeri.

Asia Construction Outlook mencatat bahwa 2013 pengeluaran konstruksi di Indonesia mencapai US $ 247 miliar. Di bawah pembangunan ekonomi master plan baru (MP3EI) 2011-2025, Pemerintah Indonesia memperkirakan hampir US $ 181.800.000.000 dari investasi infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi di bawah enam koridor ekonomi baru di seluruh nusantara. Proyek infrastruktur utama meliputi:

  1.     Jalan Tol Trans-Sumatra
  2.     Jalan Tol Cibitung-Cilincing
  3.     Halim-SoekarnoHatta Kereta Ekspres
  4.     Trans-Sulawesi Kereta
  5.     10 Bandara Baru
  6.     Pelabuhan Kali Baru, Pelabuhan Bitung, dan Pelabuhan Cimalaya.

Semuanya ini merupakan proyek-proyek baru, bersama dengan meningkatnya aktivitas sektor swasta, dengan menitikberatkan pada pasokan bahan bangunan di Indonesia, yang memiliki fungsi dalam meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi pertumbuhan kebutuhan pembangun lokal.

  • Sektor konstruksi di Indonesia tumbuh 7-8 persen per tahun.
  • Pasar konstruksi di Indonesia mencapai US $ 49,2 miliar pada tahun 2014.
  • Pada tahun 2012, sektor konstruksi memberikan kontribusi 10 persen terhadap PDB.
  • Pendapatan per kapita per tahun konsumsi semen di Indonesia sekitar 200 kilogram.
  • Indonesia diidentifikasi sebagai negara Asia atas pertumbuhan pasar konstruksi.
how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?