Pillar Focused Improvement (FI) dari TPM

Masih ingatkah tujuan dari TPM?Ya memang benar tujuan TPM ialah mewujudkan zero ABCD dan juga meningkatkan QCDSPME, apa penjelasaanya sudah ada pada artikel lainnya. Masing-masing pillar sangat berperan untuk mewujudkan tujuan tersebut, dimulai dari pillar AM yang berperan didalamnya ialah para operator / bagian produksi yang mana meningkatkan kemampuan tidak hanya sebagai operator tetapi juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan – kerusakan kecil. Nah, sebagai langkah penunjang keberhasilan TPM maka harus ada improvement yang difokuskan dan juga berkelanjutan, yaitu dibentuklah pillar Focused Improvement.

Pillar Focused Improvement (FI) berfungsi untuk mengeliminasi losses atau kerugian yang diakibatkan karena peralatan atau mesin yang tidak efektif maupun proses yang tidak efisien.

Pillar ini bertujuan meningkatkan kepekaan karyawan dalam menyikapi losses, serta meningkatkan kemampuan karyawan dalam mengatasi masalah atau problem solving.

Aktivitas di pillar ini tidak berbeda dengan aktivitas Kaizen / Continual Improvement serta penggunaan tools nya (QCC, QCP, Why-Why Analysis, SMED, FMEA, VSM, dll) , yang sedikit membedakan adalah kita dituntut untuk mengarahkan tema-tema yang diangkat agar mengurangi losses / kerugian – kerugian.

 

Berikut jenis – jenis losses yang ada :

Kategori 1: Losses yang Berpengaruh Pada Efisiensi Penggunaan Mesin

  1. Breakdown Losses
  2. Setup & Adjustment Losses
  3. Cutting Blade Losses
  4. Start Up Losses
  5. Minor Stoppage & Idling
  6. Speed Losses
  7. Defect & Rework

Kategori 2: Losses yang Berdampak Terhadap Loading Time

  1. Shutdown Losses

Kategori 3: Losses yang Berpengaruh Pada Efisiensi Sumber Daya Manusia

  1. Management Losses
  2. Motion Losses
  3. Line Organization Losses
  4. Losses Resulting From Failure to Automate
  5. Measuring & Adjustment Losses

Kategori 4: Losses yang Berdampak Pada Penggunaan Sumber Daya Secara Efektif

  1. Yield Losses
  2. Energy Losses
  3. Die, Jig, and Tools Losses

Jadi, jika dijumlahkan maka ada 16 losses, tetapi untuk awal dari TPM dimulai dari 7 losses di kategori yang sama. Dengan dikuranginya losses bahkan dapat dihilangkan sudah pasti akan terwujudnya zero ABCD dan juga meningkatnya QCDSPME.



Leave a Reply