Bahaya virus corona bagi bidang konstruksi

Covid-19, atau yang kita kenal dengan Virus Corona, sudah menjadi wabah penyakit yang kini ditakutkan oleh seluruh warga di dunia terutama di Indonesia. Kini, jumlah kasus dari virus corona itu sendiri bertambah setiap harinya, dan jumlah korbannya semakin hari bertambah banyak. Warga di dunia semakin takut untuk beraktivitas karena banyak menghambat sebagian pekerjaan mereka.

Lalu, apakah corona berdampak pada bidang konstruksi?

INKINDO atau Ikatan Nasional Konsultan Indonesia, mengungkapkan bahwa sejauh ini, untuk dampak dari Virus Corona itu sendiri belum menandakan atau mendampakan yang begitu signifikan bagi proyek-proyek konstruksi, yang melibatkan konsultan dari China akibat dari Virus Corona itu sendiri.

Menurut ketua dewan pengurus Ikatan Nasional Konsultan Indonesia atau INKINDO Peter Frans, mengatakan bahwa sejauh ini proyek-proyek yang konsultannya dari China tidak terlalu banyak dan peter frans pun mengatakan bahwa dia tidak begitu tahu dibidang kontraktor. untuk contohnya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung itu banyak konsultan besar dan asing, sampai sekarang belum ada laporan mengenai virus corona, jadi belum bisa berkometar.

Pada siklus konstruksi Errika Ferdinata selaku wakil sekjen II Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI), mengatakan bahwa pengerjaan dan pelaksaan pokok biasanya akan berjalan mulai dari pertengahan tahun hingga menjelang akhir tahun nanti. Untuk kebutuhan bahan baku atau material konstruksi baru akan terlihat di periode tersebut terkena dampak atau tidaknya.

Untuk saat ini pemerintah juga sedang membatasi, khususnya tenaga kerja asing yang mana mereka berasal dari negara China. Sehingga hal tersebut tidak menjadi persoalan atau pembahasan di sektor jasa konstruksi.

Akan tetapi lebih baik setidaknya kita tetap selalu menjaga diri dan selalu menjaga daya tahan tubuh, agar terhindar dan tidak terkena dampak dari virus corona itu sendiri.

Melihat semakin hari semakin bertambahnya korban, kita harus selalu menjaga diri untuk tetap sehat dalam kondisi bagaimanapun, karena jika kita tidak menjaga kondisi dengan baik, virus ini dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh kita.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?