ISO 19650, Standar Internasional dalam pengaplikasian Building Information Modeling (BIM)

Menanggapi produktivitas yang rendah yang di temukan pada industri konstruksi dunia, Pemerintah Negara Inggris membuat “Smarter Review” yang menstandarkan visi dan rencana untuk melakukan transformasi digital untuk meningkatkan ekonomi dari Negara Inggris. Berdasarkan research, akar masalah produktivitas yang rendah adalah tingginya biaya transaksi dari perpindahan informasi dan kurangnya transparansi di Industri tersebut. Berdasarkan keputusan tersebut, BIM sebagai salah satu digital transformasi ikut di aplikasikan dengan keputusan ini.

BIM menurut ISO 19650 adalah “Sebuah metode untuk mendapatkan produktivitas dan keuntungan yang lebih baik lewat spesifikasi yang lebih detail dan menyampaikannya dengan jumlah yang tepat pada fase desain, planning, konstruksi, manajemen gedung dan infrastruktur menggunakan teknologi yang pas”.

Manfaat yang dapat didapatkan dari suksesnya mengimplementasi BIM berdasarkan ISO 19650 adalah sebagai berikut:

  1. Definisi yang jelas pada informasi yang di butuhkan oleh owner, metode, proses, deadline dan protokol yang akan di laksanakan pada produksi dan pengecekan.
  2. Jumlah dan kualitas dari informasi yang di telah di produksi secara tepat menggenapi kebutuhan dari informasi, dengan tidak mengkompromi bidang HSE.
  3. Efisien dan efektif dalam menyampaikan informasi antara stakeholders dari keseluruhan life cycle dari sebuah aset.

Dalam BIM yang berfokus pada, pada pembuatan informasi dan pertukaran informasi antara seluruh stakeholders dari seluruh proyek, prinsip Lean Construction harus diterapkan untuk pengaplikasian mendukung prinsip kolaborasi. ISO 19650 yang berfokus pada peningkatan produktivitas sangat penting diterapkan Lean Construction yang membuat BIM tidak berfokus hanya pada implementasi software-software di industri konstruksi tapi fokus pada peningkatan kinerja juga. 

ISO 19650 menuntut untuk kolaborasi dari semua stakeholder termasuk juga owner. Berdasarkan research yang telah di kolaborasi dari owner sangat berpengaruh pada peningkatan produktivitas yang ada pada konstruksi.

ISO 19650 mempunyai manfaat yang sangat luar biasa untuk dunia konstruksi saat ini. Penerapan yang benar  dan dimana penerapan BIM bukan berfokus pada software yang telah digunakan tapi pada kolaborasi dan peningkatan produktivitas dari sektor tersebut.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?