Perbedaan antara Lean Construction dan BIM dan Lean BIM

Perbedaan antara Lean Construction dan BIM dan Lean BIM

Di dunia kontruksi BIM dan Lean Construction sudah tidak asing lagi bagi para pekerja proyek, karna kedua hal tersebut sudah saling berkesinambungan dengan adanya BIM dan Lean Construction semua pekerjaan di bidang konstruksi khususnya menjadi lebih efektif dan efisien.

Lean Construction merupakan suatu metode dalam mendesain sistem kerja proyek konstruksi yang dapat mengetahui bagaimana adanya pemborosan (waste) sehingga segala sesuatu yang di rasa tidak menambah nilai (value), dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Lean Construction

  • Penataan kerja / Work Structuring
  • Manajemen Rantai Pasok / Supply Chain Management
  • Kontrol Produksi / Production Control

BIM atau Building Information Modeling merupakan suatu model informasi bangunan yang tidak hanya terdapat desain bangunan, namun data mengenai sifat komponennya, pemeliharaan dan konstruksi juga ada di dalamnya. BIM bertujuan untuk mengubah cara tim proyek bekerja agar lebih efektif dan efisien.

Fungsi BIM sendiri tidak hanya membantu dalam pemodelan geometrik dari kinerja suatu bangunan saja akan tetapi dapat juga membantu dalam manajemen proyek konstruksi khususnya dalam hal komunikasi.

Kemampuan dari BIM

BIM sendiri yang bisa mensimulasikan seluruh informasi proyek bangunan atau konstruksi ke dalam bentuk model 3D sampai 7D, yaitu dengan menerapkan;

  • Building data
  • Project schedule
  • Cost planning
  • Energy analysis
  • Operation
  • Maintenance

Sedangkan Lean BIM merupakan teknik penerapan yang dapat meningkatkan produktivitas proses dari konstruksi, meningkatkan nilai proyek dan menghilangkan pemborosan (waste), dan segala sesuatu yang tidak akan menambah nilai pada produk akhir.

Lean BIM merupakan kesatuan dari Lean Construction dan BIM sehingga nantinya akan menjadi Lean BIM Construction yang dimana mereka saling berkaitan dan bekerja sama untuk bisa menghasilkan nilai (value) semaksimal mungkin dan pemborosan (waste) seminimal mungkin.

Lean BIM Construction dapat di artikan juga sebagai Lean Construction, BIM di tambahkan untuk mempertegas atau memperjelaskan bahwa konsep dari BIM ini sangat penting pada proses “merampingkan” pada sebuah konstruksi dari skala besar sampai skala kecil sekalipun.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?