Lean BIM Strategy

Teknologi Lean Building Information Modeling (BIM) sudah tidak asing lagi bagi para pekerja industri arsitektur dan konstruksi di dunia, terutama di Indonesia. Lean BIM sendiri juga mendapatkan respon yang sangat positif bagi penggunanya karena, di rasakan dapat mendatangkan keuntungan yang di dapatkan bagi para pekerja arsitektur dan konstruksi.

Lean Building Information Modeling (BIM) yang diterapkan di dunia konstruksi, baik itu untuk developer, konsultan atau pun kontraktor Lean BIM dapat serta dan mampu menghemat waktu pengerjaan, biaya yang dikeluarkan serta tenaga kerja yang dibutuhkan.

Namun masih banyak dari beberapa orang yang menganggap bahwa Lean BIM itu mahal dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga menjadi ketakutan atau ketidakmauan dalam mengimplementasikan Lean BIM di proyek.

Strategi dari Lean BIM sendiri yaitu;

  • Lean BIM dapat berkontribusi secara efisiensi yang lebih besar. Sesuatu yang akan disiapkan dan dilakukan dalam proyek akan menjadi bermanfaat.
  • Lean BIM dan Lean Construction memudahkan dan memahami apa yang dihargai oleh klien dan membawanya melalui proses desain dan juga konstruksi.
  • Lean BIM dapat menambah nilai, mengurangi biaya, dan aliran untuk nilai pasokan untuk material dapat di sederhanakan.
  • Lean BIM dapat meningkatkan aliran informasi dan komunikasi secara menyeluruh.

Ada beberapa alat untuk dapat mengimplementasikan lean BIM agar lebih efektif. Yang paling populer adalah Last Planner System (LPS). Yang pada prinsip dasarnya adalah dapat bisa meningkatkan keberhasilan pada konstruksi dengan mengurangi risiko serta ketidakpastian yang dapat saja terjadi selama fase perencanaan dan fase umum.

Selain Last Planner System (LPS) ada beberapa alat lain seperti Set-Based Design, Kaizen (Continuous Improvement), A3 Reporting, Value Stream Maping, Target Value Design, Visual Workspace, Kanban, Pull Schedule, 5S, Last Responsible Moment (LRM).

Lean BIM memberikan pandangan yang sangat berbeda dari model bangunan yang biasa untuk menggambar produksi dan pengguna lainnya. Pandangan yang berbeda ini dapat secara otomatis akan konsisten dengan didasarkan pada satu definisi dari setiap contoh objek.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?