Sudah ada aplik asi BIM untuk tahapan proses konstruksi, seperti Final CAD, Novade, BIM 360, Oracle Aconex, Procore, dan Proplanner Kanban. Khusus Final CAD, Novade, focus pada Quality , Safety Inspection; BIM 360, Oracle Aconex fokus pada document management meskipun juga mampu melakukan inspeksi quality dan safety. Sedangkan Procore dan Pro Planner Kanban fokus pada manajemen konstruksi, produktifitas dan lean construction secara luas. Procore bisa memunculkan Microsoft Project, namun belum memunculkan gabungan BIM 3D dan Microsoft Project atau Primavera seper ti pada Pro Planner Kanban. Adapun quality dan safety inspection ada dalam menu keduanya.

Aplikasi pada BIM tahap konstruksi ini mempunyai kelebihan, kekurangan dan keunikannya tersendiri. Namun semua sudah bisa diaplikasikan dan diakses kapan dan di manapun. Beberapa aplikasi bahkan bisa langsung membuat report yang customize sesuai checklist dan dashboard untuk manajemen dan monitor proyek terkait progress, subcont dan mandor evaluation.

Dengan beragam aplikasi BIM yang menunjang tahap konstruksi dan manajemen proyek memberi dampak positif yang signifikan. Hal ini membuat proyek menjadi jauh lebih efektif, efisien, serta terencana dengan baik. Sehingga BIM tidak hanya sebagai kolaborasi antardisiplin di saat awal disain dan sebagai beauty contest saja, namun terus menjadi sarana kolaborasi sampai tahap konstruk si dan penyerahan proyek, sehingga akan berdampak pada kemajuan produktifitas industri konstruksi nasional.



Leave a Reply

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?