Asal Usul dari Istilah Lean dan Manfaat Lean untuk Layanan Kesehatan

Asal Usul dari istilah Lean

Istilah Lean dikreditkan kepada John Krafcik, pada bagian dari tim yang meneliti di International Motor Vehicle Program di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Tim tersebut ini akan dipimpin oleh seseorang yang bernama James P. Womack, Daniel T. Jones, dan Daniel Roos, yang mana mereka sudah atau sedang mempelajari global auto industry pada akhir tahun ‘80an, mencari praktikal yang bisa mengarah pada kesuksesan di negara Jepang. Terlansir di penelitian, mereka menolak akan hipotesis mereka bahwa keseluruhan automakers di negara Jepang melakukan hal-hal yang berbeda, terutama pada Toyota itu sendiri. Istilah Lean ini sudah diciptakan untuk menggambarkan suatu sistem yang termanajemen yang sudah bertahan dengan setengah dari komponen lainnya seperti ruang fisik (physical space), upaya dengan tenaga kerja (labor effort), penanaman modal (capital investment), dan inventaris (inventory) – jauh lebih sedikit dari setengah kerusakan dan safety incidents.

 Peran Toyota dalam Mempopulerkan Lean dan Mengapa Lean harus diterapkan

Toyota Motor Corporation dikenal dengan sebagai perusahaan yang mengenalkan “Lean Production”. Toyota Corporation itu sendiri difokuskan pada peningkatan kualitas pada perusahaan nya sembari meningkatkan produktivitas dan harus bisa mengurangi biaya-biaya yang dikarenakan awalnya Perusahaan ini sempat memiliki cash yang begitu buruk dan hanya mempunyai market yang kecil di negara Jepang untuk penjualan mobil, cara ini diambil dari beberapa aspek dari Ford akan tetapi dibuat dengan manajemen sistem Toyota itu tersendiri dengan menyesuaikan pada beberapa kondisional dari metode inventing.

Dari awalnya Toyota yang terfokuskan pada peningkatan bisnisnya mereka sendiri, sekarang dan sampai saat ini manajemen sistem Toyota telah menjadi jalan atau cara di beberapa bisnis atau pun perusahaan. Oleh sebab itu, sangat esensial jika untuk setiap Rumah Sakit untuk bisa mengikuti Model Toyota dan mengembangkan metode tersebut ini untuk bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada pada organisasi layanan kesehatan. Lean adalah cara berpikir baru dan bukan hanya daftar tools sederhana untuk di implementasi.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?