Digital construction in the next 5 years

Konstruksi adalah suatu kegiatan berupa membangun sarana maupun prasarana. Baik dalam sebuah bidang arsitektur maupun teknik sipil. Konstruksi dapat dikenal juga sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau beberapa.

Digital construction merupakan suatu gabungan dari teknologi digital yang diimplementasikan dalam dunia konstruksi atau merupakan suatu cara yang digunakan oleh para pekerja konstruksi untuk membantu pekerjaan mereka dengan bantuan perangkat lunak digital.

Lalu bagaimana digital construction dalam 5 tahun kedepan?

Dengan berkembangnya zaman maka akan berkembang pula teknologi yang dibuat teknologi yang sudah ada akan selalu di update dan teknologi yang belum ada akan selalu dikembangkan. Itu semua dilakukan untuk mempermudah pekerjaan pada bidang konstruksi terutama agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Digital construction saat ini sangat begitu baik apalagi dengan adanya BIM yang dirasa dapat mempermudah pekerjaan dibidang konstruksi. Mungkin dalam 5 tahun kedepan BIM akan tergantikan dengan teknologi yang lebih canggih atau mungkin BIM yang akan lebih canggih lagi sehingga BIM akan selalu banyak digunakan.

Digital construction akan lebih baik lagi jika didukung dengan teknologi yang mumpuni seperti beberapa teknologi yang akan difokuskan dan digunakan kedepannya dalam dunia konstruksi seperti Drone, Robotic, Augmented Reality dan masih banyak lagi.

Ada beberapa tren teknologi di dunia industri konstruksi di antaranya;

  • Teknologi survey dan Geospasial High-definition (HD) yaitu berupa 3D Laser Scanning yang akan memanfaatkan penggunaan drone serta Light Detection and Ranging (LIDAR)
  • Building Information Modeling (BIM)
  • Kolaborasi dan mobilitas digital yaitu dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengintegrasikan alur kerja dan koordinasi sehingga tidak perlu lagi cara manual dengan menghamburkan kertas
  • Internet of Things (IoT) yaitu aplikasi internet dalam berbagai bidang di kehidupan, Pencapaian IoT ini juga dapat mendukung pengumpulan dan pengolahan data yang dikenal dengan pengolahan data analytics
  • Inovasi bagi material dan metode konstruksi masa depan. Diperkirakan berbagai inovasi tersebut dapat mendukung dari tren konstruksi yang ramah akan lingkungan, efisiensi biaya, supply chain, meminimalkan biaya operasional di pihak owner. Dan juga off-site construction

Kecanggihan dari teknologi sekarang mungkin akan tergantikan dengan teknologi yang akan datang jika teknologi saat ini tidak ikut berkembang dengan perkembangan zaman. 5 tahun kedepan digital construction akan menjadi lebih dari sekarang dan akan terus berkembang menjadi lebih baik dan mempermudah pekerjaan agar lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Adaptasi Digital yang sekarang oleh para Kontraktor nasional menjadi sangat penting untuk tidak ketinggalan dan bisa tetap mengikuti perkembangan digital kedepan.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?