Manfaat dari Digital Construction

Berbicara mengenai konstruksi, terutama di Indonesia, tentunya mengingatkan kita pada banyaknya pekerjaan konstruksi yang sedang dikerjakan saat ini, baik dari pengerjaan gedung bertingkat, jembatan, bahkan jalur kereta cepat Jakarta – Bandung.

Digital construction merupakan suatu cara yang dilakukan oleh para pekerja konstruksi untuk membantu semua pekerjaan mereka dengan bantuan perangkat maupun piranti lunak digital, seiring dengan perkembangan teknologi di era digital.

Contoh konstruksi digital yang diterapkan adalah, sebelumnya gambar rancangan bangunan hanya ditampilkan secara 2D sekarang menjadi 3D. Kecanggihan gambar 3D adalah menampilkan tampilan 360 derajat dan database/properties material. Konstruksi digital begitu berkembang, kini bahkan sudah dikembangkan 4D yang dapat menyajikan integrasi dengan schedule, 5D yang dapat terhubung dengan data biaya dan anggaran serta 6D yang terhubung dengan aplikasi operation dan maintenance pabrik/fasilitas yang didesain.

Manfaat yang didapatkan dari penerapan digital construction ini, yaitu:

Terintegrasi

Pada industri konstruksi penerapan sistem digital mengharuskan sistem data yang terintegrasi. Jika dunia konstruksi tidak memiliki data yang terintegrasi maka akan sangat sulit untuk mencari sumber masalahnya ketika permasalahan terjadi. Maka sistem digital sangat diperlukan di dunia konstruksi.

Transfer data secara real time

Dengan terintegrasinya data maka transfer data dapat dilakukan secara realtime, pekerjaan pun menjadi lebih efektif dan efisien. Tanpa adanya delay waktu sehingga dapat meminimalisir kesalahan nantinya.

Kepuasan pelanggan

Dengan diterapkannya sistem digital ini maka kepercayaan pelanggan semakin tinggi. Sebagai contoh penerapan Building Information Modeling (BIM). BIM mampu menyederhanakan suatu pekerjaan teknis yang rumit ke bentuk sederhana sehingga mudah dipahami oleh owner.

Cepat dan akurat

Sebuah proyek harus dapat diselesaikan secepat mungkin dengan seakurat mungkin. Di zaman digital ini sebuah konstruksi sangat berkaitan dengan penggunaan software – software baru. Jika dulu untuk menghitung suatu volume pekerjaan sampai berhari – hari. Sekarang dengan software BIM dapat menghitung dengan cepat.

Digital Construction dapat mengubah cara kerja bagi pekerja konstruksi yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. selain itu Digital Construction juga sudah layak sekali digunakan di era digital seperti ini, dimana semua kebutuhan harus diselesaikan dengan waktu yang tepat pada waktunya.

Leave a Reply

how can we help you?

Contact us at the PQI Consultant office nearest to you or submit a business inquiry online.

Looking for a First-Class Business Plan Consultant?

error

Enjoy being here? Please spread the word :)

RSS
Follow by Email
LinkedIn
LinkedIn
Share
Instagram
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to marketing@pqiconsultant.com

× How can I help you?